Info Terbaru 2022

Doa Niat Puasa Senin Kamis | Tata Cara, Doa, Manfaat Dan Keutamaannya

Doa Niat Puasa Senin Kamis | Tata Cara, Doa, Manfaat Dan Keutamaannya
Doa Niat Puasa Senin Kamis | Tata Cara, Doa, Manfaat Dan Keutamaannya

Niat Puasa Senin Kamis – Di artikel ini inspirilo akan membahas ihwal puasa senin kamis. Dari mulai niat, tata cara, waktu pelaksanaan, doa berbuka sampai ke manfaat dan keutamaannya secara lengkap.


Puasa senin kamis ialah salah satu amalan yang hukumnya sunnah muakad. Artinya amalan ini sangat dianjurkan untuk sanggup dikerjakan secara rutin oleh setiap muslim maupun muslimah.


Banyak sekali manfaat, khasiat, faedah dan keutamaan yang terkandung dari amalan puasa sunnah senin kamis ini. Baik itu dari segi medis maupun dari ukhrawi dalam bentuk pahala yang dijanjikan oleh Allah.


Puasa senin kamis juga sanggup kita niatkan untuk meraih ketenangan hati, dalam rangka upaya kita dalam mengasihi sang Rasul Muhammad SAW dan lebih mendekatkan diri pada Allah SWT.


Terkait waktu pelaksanaannya sendiri sudah jelas, puasa sunnah yang satu ini dilaksanakan pada hari Senin dan Kamis. Hari yang berdasarkan Hadits Nabi SAW merupakan hari di mana catatan amalan kita disetorkan/dilaporkan oleh Malaikat pada Allah SWT.


Dan Nabi Muhammad SAW menyukai jikalau ketika disetorkan catatan amalnya, dia sedang dalam keadaan puasa. Sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA berikut ini.


 Di artikel ini inspirilo akan membahas ihwal puasa senin kamis Doa Niat Puasa Senin Kamis | Tata cara, Doa, Manfaat dan Keutamaannya
Hadits Puasa Senin Kamis

“Wa an abii hurairota rodhiyalloohu anhu arrosuulillaahi saw. Qoola tu’ridhul a’maalu yaumal isynaini wal khomiisi fa uhibbu ayyu’rodho amalii wa anaa shoo immun”(rowahumuslim)



Artinya :”Dari Abi Hurairah RA. dari Rasululloh rasul bersabda, dilaporkan semua amal itu dihari senin dan hari kamis, saya suka dilaporkan amalku waktu saya puasa.



Sehingga Rasulullahpun menganjurkan kita yang mengaku sebagai umatnya juga untuk merutinkannya. Agar tatkala catatan amal kita disetorkan, kita ada dalam keadaan sedang menjalankan sunnah Nabi yang InsyaAllah terkandung nilai pahala di dalamnya.


Niat Puasa Senin Kamis


 Di artikel ini inspirilo akan membahas ihwal puasa senin kamis Doa Niat Puasa Senin Kamis | Tata cara, Doa, Manfaat dan Keutamaannya
abiummi.com

Untuk memulai sebuah amalan baik, tentu patut kiranya kita awali dengan niat yang baik pula. Karena Inamal a’malu binniyat, sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya. Tak terkecuali dalam menjalankan amalan puasa sunnah senin kamis ini.


Tentang niat itu sendiri juga ditegaskan oleh Imam Nawawi rahihmahullah (1233 M-1277 M) dlm Raudhah at-Talibin, 1:268) bahwa:


“Tidak sah puasa kecuali dengan niat, dan tempatnya ialah hati. Dan tidak diisyaratkan harus diucapkan, tanpa ada perselisihan ulama…”


Baik, bagi kau yang belum tahu bagaimana suara niat puasa senin kamis ini, berikut ialah lafadz arab dan latinnya.


Dan sesuai dengan namanya, niat puasa senin kamis, dibagi menjadi 2 (dua), yaitu niat puasa Senin dan Niat puasa pada hari Kamis.


1. Niat Puasa Senin


Di bawah ini ialah lafadz bacaan niat puasa sunnah pada hari senin. Di cuilan bawah tersedia goresan pena bacaan dalam abjad latin yang memudahkan.


 Di artikel ini inspirilo akan membahas ihwal puasa senin kamis Doa Niat Puasa Senin Kamis | Tata cara, Doa, Manfaat dan Keutamaannya
Niat Puasa Senin

“NAWAITU SHAUMAGODIN MIN YAUMIL ITSNAINI SUNNATAN LILLAAHITA’ALA”


Artinya : “Niat saya puasa dihari Senin sunat sebab Allah Ta’ala”


2. Niat Puasa Sunnah Hari Kamis


Berikutnya ialah niat puasa sunnah pada hari kamis. Di bawah ini ialah lafadz niatnya dalam goresan pena arab dan latin, lengkap dengan artinya dalam bahasa Indonesia.


 Di artikel ini inspirilo akan membahas ihwal puasa senin kamis Doa Niat Puasa Senin Kamis | Tata cara, Doa, Manfaat dan Keutamaannya
Niat Puasa Sunnah Hari Kamis

“NAWAITU SHAUMAGODIN MIN YAUMIL KHOMISI SUNNATAN LILLAAHITA’ALA”


Artinya : “Niat saya puasa dihari kamis sunnat sebab Allah ta’ala”


Itu dia tadi bacaan niat puasa senin kamis dengan rincian puasa sunnah pada hari Senin dan Kamis. Cukup singkat dan mudah buat dihafal tentunya. Akan lebih baik juga tentunya jikalau dipraktekkan dan diistiqomahkan. Selagi kita masih hidup, perbanyaklah amal ibadah, perkuat yang wajib, perbanyak yang sunnah. Insya Allah berkah.


Doa niat puasa di atas sanggup kau bacakan dan niatkan dalam hati pada waktu malam hari nya atau ketika sehabis melaksanakan ibadah sahur.


Doa Buka Puasa Senin Kamis | Tulisan Arab, Latin dan Artinya


 Di artikel ini inspirilo akan membahas ihwal puasa senin kamis Doa Niat Puasa Senin Kamis | Tata cara, Doa, Manfaat dan Keutamaannya
instagram.com/kartun.muslimah

Setelah menjalani puasa seharian penuh dengan didahului niat puasa senin kamis, tentu hal yang paling membahagiakan ialah saat-saat berbuka. Ya inilah kebahagiaan besar yang mustahil dirasakan oleh umat lain. NIkmatnya waktu berbuka hanya sanggup dirasakan oleh kita selaku muslim yang taat dalam berpuasa.


Seyogyanya ketika menjalani buka puasa, kita juga panjatkan doa sesaat sebelum menyantap hidangan buka puasa. Agar pahala yang kita sanggup dengan menjalankan puasa sunnah senin kamis sanggup bertambah.


Berikut ialah lafadz bacaan doa buka puasa senin kamis dalam goresan pena huruf arab, latin dan artinya yang sanggup kau baca dan panjatkan. Mintalah keberkahan dari Allah biar puasa yang telah ditunaikan diterima dan Nabi Muhammad SAW mengkaui kita sebagai ummatnya. Aamiin.


Silakan dibaca dan dipraktekan doa berikut ini.



اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ



ALLAAHUMMA LAKA SHUMTU WA ‘ALAA RIZKQIKA AFTHARTU, DZAHABAZH ZHOMA-U WABTALLATIL ‘URUUQU WATSABATAL AJRU, INSYAA ALLAAH.


Artinya :


Ya Allah hanya untuk-Mu saya berpuasa & dengan rezki-Mu saya berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah lembap & pahala telah tetap insya Allah Ta’ala


Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa Puasa Sunnah Senin Kamis ini punya fadilah, keutamaan dan keistimewaan di mata ALlah SWT. Setiap muslim yang menjelankannya, pasti akan Allah balas secara pribadi dengan pahala puasa.


Baik, itulah tadi lafadz bacaan doa buka puasa sunnah pada hari Senin dan Kamis. Semoga kita semua sanggup mengamalkannya.


Video Doa Buka Puasa Sunnah Senin Kamis


Sebagai tambahan dan untuk menciptakan bacaan doa buka puasanya lebih jelas, berikut kami juga sajikan video doa buka puasa Sunnah pada hari Senin dan Kamis. Semoga bermanfaat.



Tata Cara Puasa Senin Kamis Menurut Islam


 Di artikel ini inspirilo akan membahas ihwal puasa senin kamis Doa Niat Puasa Senin Kamis | Tata cara, Doa, Manfaat dan Keutamaannya
nu.or.id

Secara bentuk amalan, puasa Senin Kamis sama saja dengan puasa lainnya, menyerupai puasa wajib Ramadhan. Puasa senin kamis dilaksanakan 2 hari dalam sepekan, yakni pada hari senin dan kamis dari waktu terbit fajar sampai terbenamnya matahari pada petang hari.


Adapun terkait tata caranya, ternyata masih banyak yang beranggapan bahwas puasa senin kamis tersebut haruslah ditunaikan dua-duanya. Mereka menyangka kalau sudah menunaikan puasa pada hari senin dan tidak puasa di hari kamis, maka puasa sunnahnya jadi tidak sah.


Padahal kenyataannya tidak demikian. Yang perlu kita pahami ihwal hal ini adalah, bahu-membahu puasa sunnah pada hari senin maupun kamis memiliki nilai amalan sendiri-sendiri.


Dengan begitu, sah-sah saja ketika kita hanya menunaikan puasaa sunnah pada hari senin dan tidak puasa di hari kamisnya. Namun alangkah baiknya jikalau ditunaikan dua-duanya.


Adapun terkait tata cara detailnya sama saja sebagaimana puasa biasa. Diawali dengan melafalkan niat puasa senin kamis diadaptasi dengan harinya, sebagaimana tertulis di atas. Dan diakhiri dengan buka puasa pada ketika matahari karam dengan membaca doa buka puasa senin kamis yang juga telah ditulis di atas.



Waktu Sahur Puasa Senin Kamis


Akan lebih utama juga kalau tetap menjalankan keutamaan ibadah puasa, yaitu makan sahur.


Terkait waktu sahur puasa senin kamis sendiri juga sama saja dengan puasa pada umumnya. Seringnya dilaksanakan pada dini hari. Kalau di Indonesia cuilan barat, kurang lebih sekitar jam 3 – 4 pagi, sebelum masuk waktu imsyak dan shubuh.


Pada beberapa kasus, kadang ada yang menayakan, bagaimana jikalau puasa senin kamis tidak makan sahur? Alasannya beragam, namun kebanyakan mungkin sebab malas atau dikarenakan telah makan banyak di malam sebelumnya.


Sah-sah saja sebenarnya puasa sunnah tanpa sahur. Tapi mengingat dalam waktu sahur juga terdapat nilai ibadah, maka sayang rasanya jikalau tidak menunaikannya.


Rasulullah bersabda: ”bersahurlah meskipun hanya dengan seteguk air”.


Selain itu ibadah sahur ialah pembeda kita sebagai muslim dengan agama lain yang juga banyak yang menganjurkan puasa, walau dengan tata cara yang berbeda. Mereka para non muslim menunaikan puasa dengan tidak melaksanakan sahur. Kita sebagai muslim sebisa mungkin tidak meninggalkan amalan yang satu ini untuk kesempurnaan puasa yang dijalankan.


Hikmah dan Keutamaan Puasa Senin Kamis


 Di artikel ini inspirilo akan membahas ihwal puasa senin kamis Doa Niat Puasa Senin Kamis | Tata cara, Doa, Manfaat dan KeutamaannyaSeperti dijelaskan pada pembahasan niat puasa senin kamis di atas, disebutkan bahwa puasa ini merupakan amalan sunnah yang dikerjakan 2 hari dalam sepekan, yakni pada hari senin dan kamis.


Adapun faedah atau keutamaannya ialah sanggup menghapuskan dosa dan kesalahan kita di masa lalu. Selain itu, derajat orang yang mengerjakannya akan ditinggikan oleh Allah SWT.


Hari Senin dan Kamis ialah hari di mana catatan amalan kita diangkat pada Allah SWT. Oleh kesannya sangat disarankan bagi kita untuk mengisi kedua hari tersebut dengan menunaikan puasa sunnah.


Berikut sabda Rasulullah SAW ihwal keutamaan berpuasa.


Sesungguhnya di nirwana ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa.


Dikatakan : manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun bangun dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jikalau mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR Bukhori dan Muslim)


Setiap yang telah disunnahkan oleh Nabi Muhammad pasti mengandung manfaat di dalamnya. Tak terkecuali dengan puasa sunnah Senin Kamis.


Hadits Puasa Senin Kamis


 Di artikel ini inspirilo akan membahas ihwal puasa senin kamis Doa Niat Puasa Senin Kamis | Tata cara, Doa, Manfaat dan Keutamaannya
plus.google.com

Selain dari yang disebutkan di atas, manfaat dan keutamaan puasa senin kamis ialah sebagai upaya kita dalam meneladani kebiasaan Rasulullah.


Berikut ialah beberapa hadits puasa senin kamis yang di dalamnya kita sanggup mengetahui keutamaan dari amalan sunnah yang satu ini.


1. Hadits Puasa Senin Kamis dari Siti Aisyah RA


 Di artikel ini inspirilo akan membahas ihwal puasa senin kamis Doa Niat Puasa Senin Kamis | Tata cara, Doa, Manfaat dan Keutamaannya
Hadist Puasa Senin Kamis

“Wa an aa isyata rodialloohu anhaa qoolat : kaana rosuululloohi saw, yataharro shoumal istnaini waal khomiisi, rowaahutturmudziyyu waqoola : hadiitsun hasan”


Artinya : “Dari Siti Aisyah RA. Aisyah berkata saya melihat Rasululloh SAW sering berpuasa di hari Senin dan hari Kamis”


2. Hadits Puasa Senin Kamis dari Abu Qatadah RA


 Di artikel ini inspirilo akan membahas ihwal puasa senin kamis Doa Niat Puasa Senin Kamis | Tata cara, Doa, Manfaat dan Keutamaannya
Hadits Puasa Senin Kamis

“An Abii Qotaa data rodhiyalloohu anhu anna rosuulalloohi saw, su ila anshoumi yaumil isy naini ? Faqoola : dzaalika yaumun walidtu fiihi, wayaumun busyitu, aw ungzila alayya fiihi”


Artinya :”Dari Abi Qotadah hari Senin itu hari kelahiran ku, dan hari di utus aku, atau diturunkan wahyu kepadaku”


Itu dia hadits puasa senin kamis yang sanggup kita ambil pesan yang tersirat dan pelajaran di dalamnya. Pada pada dasarnya jikalau Nabi SAW telah mencontohkan dan menjadi kebiasaan dia berpuasa sunnah Senin dan Kamis, maka sebisa mungkin kita juga ikut meneladaninya.


Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan


 Di artikel ini inspirilo akan membahas ihwal puasa senin kamis Doa Niat Puasa Senin Kamis | Tata cara, Doa, Manfaat dan Keutamaannya
masirul.com

Di cuilan terakhir pembahasan niat puasa senin kamis ini, secara khusus kami sajikan manfaat puasa senin kamis ditinjau dari segi kesehatan.


Ya sudah bukan diam-diam lagi kalau puasa itu memang menyehatkan. Tidak ada ceritanya orang jatuh sakit atau meninggal dikarenakan puasa. Secara medis, telah banyak pula praktisi yang mengakui khasiat puasa untuk menunjang kesehatan tubuh.


Apa sajakah manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan? Berikut uraiannya.


1. Detoksifikasi racun secara alami


Puasa senin kamis bermanfaat sebagai media detoksifikasi racun secara alami. Pola makan yang kurang terjaga, dan juga jarang olah raga sanggup jadi sumber timbulnya racun dalam tubuh kita. Tentu hal itu sangat tidak sehat dan sanggup membahayakan tubuh kita untuk jangka panjang. Dan sebagai penawarnya, maka sanggup kita lakukan dengan berpuasa di hari Senin dan Kamis.


Para pakar di luar sana juga telah setuju bahwa dengan puasa, akan menciptakan tubuh secara aktif mematikan racun-racun yang ada (detoks). Di hari jumat, sabtu, dan ahad mungkin kita banyak makan makanan yang kurang sehat, maka pada hari seninnya didetoks dengan puasa. Dengan merutinkan puasa senin kamis, pasti tubuh akan lebih sehat dan bugar dan pola makanpun terjaga pastinya.


2. Menurunkan berat badan


Manfaat yang kedua yaitu untuk menurunkan berat badan. Ya metode diet paling ampuh sebenarnya ialah dengan puasa (menahan lapar). Bahkan Deddy Corbuzier pun dengan kegiatan diet OCD nya menyimpulkan bahwa inti dari OCD tersebut ialah puasa, walau dengan tata cara yang beda dengan puasa islami.


Banyak orang yang telah menandakan bahwa dengan puasa, berat badannya sanggup menurun secara alami. Namun tetap dianjurkan ketika berbuka puasa untuk makan secukupnya, tidak membabi buta (rakus).


3. Mengistirahatkan oragan tubuh


Manfaat puasa senin kamis berikutnya ialah mengistirahatkan organ pencernaan. Setiap harinya organ pencernaan kita beraktifitas dalam mendapatkan dan mencerna makanan yang masuk. Dengan melaksanakan puasa senin kamis, maka setidaknya kita memperlihatkan istirahat pada organ tubuh selama dua kali sepekan, dengan interval waktu 2-3 hari sekali.


Maksudnya, pada hari Selasa Rabu kita makan (tidak puasa), maka pada hari kamis organnya diistirahatkan dengan puasa. Lanjut pada hari jumat, sabtu, dan ahad kita makan normal, maka pada hari seninnya puasa. Dengan pola menyerupai ini dipercaya sanggup lebih menyehatkan organ pencernaan ketimbang mereka yang setiap hari makan tanpa pernah diselingi puasa.


4. Menyehatkan kulit / Peremajaan sel kulit mati


Berikutnya ialah manfaat dalam regenerasi kulit. Selain manfaat dari dalam tubuh yang disebut di atas, puasa senin kamis juga menyimpan manfaat untuk tubuh cuilan luar, lebih tepatnya yaitu kulit.


Dengan melaksanakan puasa senin kamis dipercaya sanggup membantu dalam proses peremajaan kulit. Karena dengan melaksanakan pola puasa Senin Kamis ini, metabolisme tubuh akan terjadi dengan lebih baik dan sehat.


Yang mana hal ini juga secara pribadi berefek pada sel-sel kulit mati yang sanggup terangkat secara alami. Untuk kemudian digantikan dengan sel kulit yang baru. Sehingga kulit tubuh / wajah pun sanggup lebih higienis dan sehat, bahkan lebih kencang dari sebelumnya.


***


Masih banyak sebenarnya manfat yang sanggup didapatkan dengan puasa senin kamis ini. Silakan diamalkan sendiri untuk mencicipi manfaat lebih jauhnya lagi. Intinya tidak ada yang sia-sia dengan kita menunaikan amalan sunnah dari Nabi SAW.


Penutup


Nah itulah tadi klarifikasi lengkap ihwal niat puasa Senin Kamis beserta keutamaannya yang sanggup kita peroleh jikalau merutinkannya.


Seperti telah disebut di atas, bahwa dengan menjalankan puasa pada hari Senin dan Kamis itu hukumnya Sunnah Muakad (sangat dianjurkan). Untuk itu marilah kita latih diri kita untuk menunaikan secara istiqomah amalan sunnah yang satu ini. Karena tentu akan sangat disayangkan jikalau kita tidak menunaikannya.


Selain kondisi fisik yang sanggup lebih fit atau sehat, dengan berpuasa kita juga tentunya menerima pahala yang berlimpah. Dengan catatan, menjalankan puasanya semata-mata diniatkan sebab ALlah ta’ala dan menunaikan sunnah Nabi-Nya.


 


Advertisement

Iklan Sidebar